Posting-an yang ini di tulis oleh ade gue, Lala.
Pas hati Minggu tanggal 25, tante gue sama suami dan anaknya datang berkunjung ke Indonesia. Ini adalah pertama kalinya suaminya, namanya Uwe (baca: uwe dengan ‘e’ dibaca seperti pada kata teman) dan anaknya ke Indonesia. Gue jemput mereka, nyampe sana mereka udah nunggu. Untungnya mereka engga bosen nunggu soalnya tante gue yang laen (dia ada di mobil satunya yang udah jalan duluan) dah duluan ada disaana. Pulangnya semua rebutan pengen duduk deket Angelina, anaknya tante gue yang baru dateng. Si Angelina ini emang lucu banget. Pipinya merah gitu karena kepanasan. Gue akhirnya ngalah engga semobil sama Angelina, dan akhirnya gue naik mobil yang isinya om om gue. Di mobil sedan ini ada Uwe, Tante inan, dan suaminya. Gue udah kayak kambing congek, engga ngerti apapun yang mereka omongin. Ada sebagian hal hal lucu yang tante inan terjemahin pake bahasa Indonesia supaya gue ngerti. Misalnya:
1. Saya pusing ngeliat orang-orang Indonesia pada nyalip dari kiri, padahalkan harusnya dari kanan.
2. Wahhhh…! Pengendara motor itu luar biasa sekali. Bisa nyali nyalip! Talented! (dia engga tau ajah gue lebih talented kalo main sepeda roda empat. Iyalah!)
3. Indonesia indah, banyak pohon pohon yang rindang.
4. Saya punya tante yang kalo udah di jalan raya bawannya stress mulu. Saya engga bisa ngebayangin nanti kalo dia ke Indonesia mungkin dia akan mati. (yeah, bersabarlah)
5. Di Indonesia pergantian dari siang ke malam cepat sekali. Dari terang bisa tiba tiba gelap. (dikira siluman kali)
Nyampe rumah:
Nyokap kan ada di mobil satunya, dia udah sampe duluan. Uwe langsung surprise gitu pas ngeliat nyokap. Ternyata pas lagi di bandara dia engga ngenalin nyokap gue soalnya lagi pake kerudung. “Yes, yes, Wati, Wati, I remember you,” mencoba ngomong pake bahasa Inggris.
Dia disuguhin soto ayam dan pas di offer bawang goreng tampangnya lansung berbinar binar. Kata tante agit dia emang suka banget bawang goreng.
Kembali ke Angelina, dia kasian banget di kerebutin ama sepupu gue. Dia ke ruang makan diikutin, mau ganti popok diikutin, ke teras diikutin, melas banget deh, kayaknya kepanasan gitu, soalnya pipinya udah merah banget sampe ke kuping
Besoknya gue jadi ikut mereka jalan jalan keliling Jakarta dengan charter sebuah mobil.
Tujuan pertama : Seaworld
Sebelum ke Seaworld kita makan makan dulu. Dari rumah udah bawa makanan, tikar dan lainnya. Rencananya mau piknik gitu. Pokoknya semua udah cihui. Eh ga taunya pas udah sampe disana baru keinget engga bawa piring. Iyaaa!! engga bawa PIRING! ENGGA BAWA!! PIRING!! PIRING!!. Sudahlah, lupakan.
Di dalem Seaworld Angelina tidur di kereta bayinya. Orang pada megang-megang pipinya dengan tampang gemes gitu.
Tujuan kedua: Monas
Di Monas parkiran mobil kan jauh dari monasnya. Kita udah jalan ternyata gerbang tembusnya di tutup. Terpaksa kita keluar dari gerbang parkiran baru masuk lagi lewat pintu gerbangnya langsung. Pas monas udah di depan mata ternyata gerbang yang tadi ditutup sekarang udah di buka. Emang sial. Kesialan ternyata tak sampai disitu: kita engga boleh masuk ke Monas karena lagi ada demo. Tadi pas dari Seaworld ke Monas sih emang gue ngeliat ada demo menuntut harga minyak di turunin tapi kan jauh di luar. Kenapa monasnya jadi ikut ikutan di tutup? Pas lagi duduk karena kaki rasanya mau copot ada orang minta poto. “Mister mister boleh poto gak?” , Uwe engga ngerti apa yang di bilangin tapi tante agit menerjemahkannya. Kirain cuman sendirian fotonya. Eh, di manggil emak dan bapaknya. Jadilah foto keluarga.
Terus kita beli minum dan balik lagi ke parkiran yang jauhnya minta ampun. Eh, abang minum yang tadi manggil-manggil Uwe moncong putih. Konyol. Ah, mungkin dia teringat anaknya. Apa hunbungannya?
Tujuan kedua: Istiqlal
Waktu lagi jalan menuju masjid, “Lho? Uwe mana? menghilang!” Ternyata dia menghilang untuk mengisi buku tamu Istiqlal.
Di istiqlal ada aturan Warga Negara Asing engga boleh masuk gitu aja ke masjid. Harus izin dulu. Kita masuk ke kantornya dan tulis nama. Ada bapak-bapak yang bertugas mengenalkan Istiqlal ke pengunjung gue engga tau namanya. Kita sebut Pak Kari Ayam. Tidak, terlalu fulgar. Ganti menjadi Pak Anto. Di ruang Pak Anto ini nyaman banget sekalian istirahat tadi abis jalan. Pak Anto ini engga tau kalo kita islam. Jadi langsung ngajakin kita duduk dan cerita-cerita tentang istiqlal, padahal udah jam shalat magrib. Karena gue dan tante gue lagi dapet kita engga shalat. Tante gue minta izin biar Uwe bisa shalat dulu. Pak Anto langsung kaget ternyata si bule ini muslim, tante gue cerita dia ini muallaf. Dia langsung memanjatkan puji syukur, entah karena dia sikira dikasih bayi atau dapet poin plus plus (lho??)
Ini baru pertama kalinya Uwe ngeliat ada masjid segede ini. soalnya di Jerman adanya cuman musola. Selesai shalat kita diajak keliling-keliling masjid, gue sih main aja sama Angelina.
Tujuan ke tiga: Senayan City
Maksudnya kita kesana tuh mau nunjukin Uwe kalo Indonesia ini modern engga kayak yang suka ditayangin di tipi tipi Jerman: Indonesia tu terbelakang banget. Disana ibu-ibu ngeliatin Angelina dengan tampang gemes terus senyum-senyum gitu ke Angelina. Kita pertama ke money changer dulu karena kita di sensi mau belanja kebutuhannya Angelina. Di lift pada bergumam: Ih lucu banget. Terus pas di money changer ada mbak mbak masuk dan nyubit nyubit pipinya Angelina, dia ketawa ketawa. Di supermarketnya gue diceritain sama tante gue
tante agi : Tante agit suka ketuker duit sepuluh ribu ama seratus ribu.
gue : Hah?
tante agit : Iya abis warnanya sama sama merah. Pernah ya pas tante agit lagi belanja semuanya kira-kira 300ribu sekian, terus tante agit lagi nunggu kembalian dianya juga nunggu. Eh, taunya tante agit salah ngasih, 30ribu.
Pas hati Minggu tanggal 25, tante gue sama suami dan anaknya datang berkunjung ke Indonesia. Ini adalah pertama kalinya suaminya, namanya Uwe (baca: uwe dengan ‘e’ dibaca seperti pada kata teman) dan anaknya ke Indonesia. Gue jemput mereka, nyampe sana mereka udah nunggu. Untungnya mereka engga bosen nunggu soalnya tante gue yang laen (dia ada di mobil satunya yang udah jalan duluan) dah duluan ada disaana. Pulangnya semua rebutan pengen duduk deket Angelina, anaknya tante gue yang baru dateng. Si Angelina ini emang lucu banget. Pipinya merah gitu karena kepanasan. Gue akhirnya ngalah engga semobil sama Angelina, dan akhirnya gue naik mobil yang isinya om om gue. Di mobil sedan ini ada Uwe, Tante inan, dan suaminya. Gue udah kayak kambing congek, engga ngerti apapun yang mereka omongin. Ada sebagian hal hal lucu yang tante inan terjemahin pake bahasa Indonesia supaya gue ngerti. Misalnya:
1. Saya pusing ngeliat orang-orang Indonesia pada nyalip dari kiri, padahalkan harusnya dari kanan.
2. Wahhhh…! Pengendara motor itu luar biasa sekali. Bisa nyali nyalip! Talented! (dia engga tau ajah gue lebih talented kalo main sepeda roda empat. Iyalah!)
3. Indonesia indah, banyak pohon pohon yang rindang.
4. Saya punya tante yang kalo udah di jalan raya bawannya stress mulu. Saya engga bisa ngebayangin nanti kalo dia ke Indonesia mungkin dia akan mati. (yeah, bersabarlah)
5. Di Indonesia pergantian dari siang ke malam cepat sekali. Dari terang bisa tiba tiba gelap. (dikira siluman kali)
Nyampe rumah:
Nyokap kan ada di mobil satunya, dia udah sampe duluan. Uwe langsung surprise gitu pas ngeliat nyokap. Ternyata pas lagi di bandara dia engga ngenalin nyokap gue soalnya lagi pake kerudung. “Yes, yes, Wati, Wati, I remember you,” mencoba ngomong pake bahasa Inggris.
Dia disuguhin soto ayam dan pas di offer bawang goreng tampangnya lansung berbinar binar. Kata tante agit dia emang suka banget bawang goreng.
Kembali ke Angelina, dia kasian banget di kerebutin ama sepupu gue. Dia ke ruang makan diikutin, mau ganti popok diikutin, ke teras diikutin, melas banget deh, kayaknya kepanasan gitu, soalnya pipinya udah merah banget sampe ke kuping
Besoknya gue jadi ikut mereka jalan jalan keliling Jakarta dengan charter sebuah mobil.
Tujuan pertama : Seaworld
Sebelum ke Seaworld kita makan makan dulu. Dari rumah udah bawa makanan, tikar dan lainnya. Rencananya mau piknik gitu. Pokoknya semua udah cihui. Eh ga taunya pas udah sampe disana baru keinget engga bawa piring. Iyaaa!! engga bawa PIRING! ENGGA BAWA!! PIRING!! PIRING!!. Sudahlah, lupakan.
Di dalem Seaworld Angelina tidur di kereta bayinya. Orang pada megang-megang pipinya dengan tampang gemes gitu.
Tujuan kedua: Monas
Di Monas parkiran mobil kan jauh dari monasnya. Kita udah jalan ternyata gerbang tembusnya di tutup. Terpaksa kita keluar dari gerbang parkiran baru masuk lagi lewat pintu gerbangnya langsung. Pas monas udah di depan mata ternyata gerbang yang tadi ditutup sekarang udah di buka. Emang sial. Kesialan ternyata tak sampai disitu: kita engga boleh masuk ke Monas karena lagi ada demo. Tadi pas dari Seaworld ke Monas sih emang gue ngeliat ada demo menuntut harga minyak di turunin tapi kan jauh di luar. Kenapa monasnya jadi ikut ikutan di tutup? Pas lagi duduk karena kaki rasanya mau copot ada orang minta poto. “Mister mister boleh poto gak?” , Uwe engga ngerti apa yang di bilangin tapi tante agit menerjemahkannya. Kirain cuman sendirian fotonya. Eh, di manggil emak dan bapaknya. Jadilah foto keluarga.
Terus kita beli minum dan balik lagi ke parkiran yang jauhnya minta ampun. Eh, abang minum yang tadi manggil-manggil Uwe moncong putih. Konyol. Ah, mungkin dia teringat anaknya. Apa hunbungannya?
Tujuan kedua: Istiqlal
Waktu lagi jalan menuju masjid, “Lho? Uwe mana? menghilang!” Ternyata dia menghilang untuk mengisi buku tamu Istiqlal.
Di istiqlal ada aturan Warga Negara Asing engga boleh masuk gitu aja ke masjid. Harus izin dulu. Kita masuk ke kantornya dan tulis nama. Ada bapak-bapak yang bertugas mengenalkan Istiqlal ke pengunjung gue engga tau namanya. Kita sebut Pak Kari Ayam. Tidak, terlalu fulgar. Ganti menjadi Pak Anto. Di ruang Pak Anto ini nyaman banget sekalian istirahat tadi abis jalan. Pak Anto ini engga tau kalo kita islam. Jadi langsung ngajakin kita duduk dan cerita-cerita tentang istiqlal, padahal udah jam shalat magrib. Karena gue dan tante gue lagi dapet kita engga shalat. Tante gue minta izin biar Uwe bisa shalat dulu. Pak Anto langsung kaget ternyata si bule ini muslim, tante gue cerita dia ini muallaf. Dia langsung memanjatkan puji syukur, entah karena dia sikira dikasih bayi atau dapet poin plus plus (lho??)
Ini baru pertama kalinya Uwe ngeliat ada masjid segede ini. soalnya di Jerman adanya cuman musola. Selesai shalat kita diajak keliling-keliling masjid, gue sih main aja sama Angelina.
Tujuan ke tiga: Senayan City
Maksudnya kita kesana tuh mau nunjukin Uwe kalo Indonesia ini modern engga kayak yang suka ditayangin di tipi tipi Jerman: Indonesia tu terbelakang banget. Disana ibu-ibu ngeliatin Angelina dengan tampang gemes terus senyum-senyum gitu ke Angelina. Kita pertama ke money changer dulu karena kita di sensi mau belanja kebutuhannya Angelina. Di lift pada bergumam: Ih lucu banget. Terus pas di money changer ada mbak mbak masuk dan nyubit nyubit pipinya Angelina, dia ketawa ketawa. Di supermarketnya gue diceritain sama tante gue
tante agi : Tante agit suka ketuker duit sepuluh ribu ama seratus ribu.
gue : Hah?
tante agit : Iya abis warnanya sama sama merah. Pernah ya pas tante agit lagi belanja semuanya kira-kira 300ribu sekian, terus tante agit lagi nunggu kembalian dianya juga nunggu. Eh, taunya tante agit salah ngasih, 30ribu.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar